Pages

Selasa, 17 Januari 2012

LAPORAN KERJA SISTEM KONVERSI ENERGI PADA REFRIGRASI

    NAMA                     : IQROK HIMAWAN K.W
    KELAS                    : X TKR 2
    NO ABSEN             : 13
    HARI / TANGGAL  : SENIN, O3 OKTOBER 2011
    PEKERJAAN          : MEMAHAMI SISTEM KONVERSI ENERGI PADA REFRIGRASI
    WAKTU                  :
    INSTRUKTUR        : PAK DION

I. Tujuan :
    Memahami definisi refrigrasi  Untuk mensirkulasikan freon pada AC
    Mengetahui nama – nama refrigrasi
    Mengetahui cara kerja refrigrasi
II. Alat dan Bahan :

1.    Kunci Inggris
2.    SST(Special Servis Tool) / Alat – alat khusus
3.    Tang snap
4.    Obeng negatif dan positif
5.    Palu plastik
6.    Kotak alat
7.    Majun
8.    Unit refrigrasi
9.    Grease
III. Keselamatan Kerja :
1.    Memakai perlengkapan praktek dengan benar
2.    Menggunakan alat dan bahan sesuai kegunaan dan fungsi
3.    Memperhatikan urutan pembongkaran sistem refrigrasi pemasangannya adalah kebalikan dari urutan pembongkaran
4.    Menjaga kebersihan alat, bahan, manusia, dan tempat kerja
5.    Dilarang merokok atau bergurau
IV. Langkah Kerja :
1.    Persiapkan alat dan bahan praktik dan letakkan pada meja kerja
2.    Buatlah gambar sketsa masing-masing komponen utama sistem air Conditioning pada mobil
3.    Perhatikan Instruksi praktik yang disampaikan oleh guru
4.    Buatlah laporan praktik secara ringkas dan serahkan kepada Guru/Instruktur untuk diperiksa
5.    Setelah selesai, kembalikan alat dan bahan yang telah digunakan ke tempat semula
6.    Bersihkan tempat kerja.
V. Definisi Refrigrasi :
Refrigerasi adalah proses pengambilan panas atau pemindahan panas dari tempat yang tidak diinginkan ke tempat lain melalui perubahan phasa (wujud) suatu cairan atau proses untuk menghasilkan kondisi dingin atau menjaga sesuatu tetap dingin.
VI. Mengetahui Nama – Nama Refrigrasi :

   
VII. Mengetahui Cara Kerja Refrigrasi :
1.    Adalah langkah awal isap dimana refrigerant masuk melalui lubang isap.
2.    Akhir langkah isap dimana lubang pengisapan telah tertutup.
3.    Awal langkah kompresi dimana refrigerant mulai dikompresi kan untuk menaikkan tekanan.
4.    Langkah kompresi penuh.
5.    Langkah penyaluran/pengosongan refrigerant dari silinder ke saluran keluar menuju ke condenser melalui katup tekan (Discharge Valve).
6.    Penyaluran Refrigerant selesai, ruang vane akan memulai dengan awal langkah isap lagi. Pada aktualnya Through Vane yang membentuk empat ruang, bekerja secara bergantian, sehingga proses diatas akan berjalan terus menerus secara berkesinambungan.
VIII. Kompresor AC Tipe Swash :

Kompresor Ac tipe Swash Plate adalah Terdiri dari sejumlah piston dengan interval 72o untuk kompresor 10 silinder dan interval 120o untuk kompresor 6 silinder. Kedua sisi ujung piston pada tipe ini berfungsi, yaitu apabila salah satu sisi melakukan langkah kompresi maka sisi lainnya melakukan langkah isap  (lihat bagan gambar mekanis kompresi)
Sebelum membongkar compressor, lakukan dahulu:
Langkah Melepas Compressor dari Engine.
1.    Hidupkan mesin +/- 10 menit dalam keadaan idle dan AC “ON”.
2.    Matikan AC, matikan Mesin.
3.    Lepaskan kabel negatif Batery.
4.    Lepaskan Conektor untuk Magnetic Clutch dan temperatur Switch
5.    Keluarkan Refrigerant. (Hati-hati terhadap cairan/gas Refrigerant, sebaiknya pakai alat-alat keselamatan   kerja)
6.    Lepas selang yang menghubungkan Compressor
7.    Lepas Compressor.
Membongkar
1.    Melepas Servis valve:
a.    lepas baut servis plate
b.    Lepas seal ring (ganti)
2.    Mengukur oli
Ukur oli yang ada didalam Compressor sebagai patokan pengsisian oli baru.
3.    Melepas Tutup depan
a.    Lepas baut pengunci tutup depan dengan menggunakan obeng ketok+(spesial servis tool)
b.    Lepas tutup rumahnya gunakan obeng (-) hati-hati jangan sampai melukai seal maupun rumah compressor.
4.    Melepas tutup katup depan
a.    Lepaskan pin dari tutup depan
b.    Lepas pelat katup
a.    Melepas gasket.
5.    Melepas seal poros
a.    Lepas snap ring
b.    Lepas seal poros.
Memasang
1.  Pemasangan seal
a.  atur seal poros tepat ditengah
b.  Dorong seal dengan busing
c.    Pasang snap ring.
2.  Pemasangan pelat rumah depan
a.    Pasang pin (2 buah)
b.    Lumasi O ring dengan oli dan pasang pada rumah depan compressor.
c.    Pasang katup isap depan melalui pin pada bagian depan silinder.
d.    Pasang pelat depan bersama sama dengan katup penyalur melalui pin pada silinder depan.
e.    Lumasi gasket dengan oli, dan pasang pada silinder depan.
Pemasangan dudukan center.
3.  pemasangan tutup depan
4.  pengerasan baut-baut
5.  Pengisian Oli.
(Jumlah oli harus sama dengan oli yang terbuang saat
pem bongkaran). Gunakan Oli yang standard.
6.    Pemasangan katup servis.
a.    Lumasi dulu dengan oli.
b.    Pasang katup servis pada compressor dan keraskan bautnya.
Momen kekencangan: 250 kg-cm.
7.      Pengukuran Momen Putar Poros.
Momen : 50 kg-cm.


0 komentar:

Posting Komentar