I.
LATAR BELAKANG
Semakin kerasnya kehidupan menyebabkan banyak orang
menjadi gelap mata. Mereka menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhan
hidup mereka demi mempertahankan kelangsungan hidupnya, seperti: merampok,
korupsi, mencuri, dan tindakan-tindakan criminal lainya. Salah satu tindakan
criminal yang baru maraknya di era sekarang adalah tindakan criminal pencurian
sepeda motor. Tidak hanya di malam hari dan di tempat sepi saja, di siang hari
dan di keramaian pun para pencuri dapat melakukan aksi dengan mudahnya. Maka
dibutuhkan kewaspadaan yang ekstra untuk menjaga sepeda motor kita.
Dengan meningkatnya tindakan kriminalitas, khususnya
pencurian kendaraan bermotor roda dua sekarang ini, bukanlah hal yang
mengherankan apabila semakin hari manusia menginginkan suatu system keamanan
sepeda motor yang modern. Solusi yang biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan
bermotor hanya dengan memakai kunci (gembok). Apalagi pencurian kendaraan
bermotor dapat membuat kunci-kunci duplikat sehingga pencuri kendaraan bermotor
bisa dengan santai melakukan aksinya dengan tidak mengundang kecurigaan. Maka
dari itu kami membuat alarm sederhana untuk pengaman kendaraan agar tidak
terjadi pencurian atau pengamanan ke dua selain kunci stir (lock
stang)
stang)
II.
TUJUAN
Tujuan pembuatan proyek alarm ini antara lain:
·
Siswa dapat
mempraktekkan bidang keahlian yang dimiliki sehingga mempunyai nilai guna
·
Siswa dapat
menghasilkan produk yang memiliki nilai guna
·
Siswa dapat merencanakan
bentuk promosi yang tepat untuk produk yang dihasilkan
·
Siswa dapat
mempresentasikan bisnis plan yang dibuat sesuai dengan produk yang dihasilkan
·
Siswa memiliki
pengalaman dan keterampilan dalam menghasilkan karya dan membuat laporan secara
lengkap dan sistematis
·
Siswa dengan
melaksanakan ujian praktek Kewirausahaan diharapkan dapat membuat bisnis
sederhana atau membuka usaha sendiri.
III.
VISI DAN MISI
1.
Visi :
·
Memberikan
kepuasan untuk pelanggan yang memakai alarm
·
Memberikan
pelayanan prima untuk pelanggan
2.
Misi :
·
Menjual produk
yang lebih berkualitas dengan harga terjangkau
·
Memproduksi
produk yang memenuhi kebutuhan konsumen
IV.
BIAYA PRODUK
No.
|
Keterangan
|
Harga
|
1.
|
Saklar
|
Rp. 5.000,00
|
2.
|
Kabel 3 meter
|
Rp. 5.000,00
|
3.
|
Relay
|
Rp. 15.000,00
|
4.
|
Isolasi kabel
|
Rp. 2.000,00
|
5.
|
Jasa
pemasangan
|
Rp. 10.000,00
|
Total
|
Rp. 37.000,00
|
|
V.
FORM
BISNIS PLAN SEDERHANA
1. Ide
Bisnis
a. Nama
ide bisnis :
Alarm
Sederhana
b. Alasan
pemilihan ide bisnis :
c. Keistimewaan
ide bisnis dibandingkan dengan bisnis sejenis yang sudah ada dipasaran :
Keistimawaan
ide bisnis kami adalah produk yang kami ciptakan lebih sederhana tetapi
berkualitas dengan harga terjangkau.
2. Analisa
STP
a. Segmentasi
(sasaran konsumen secara global)
:
Untuk
semua kalangan yang membutuhkan produk kami.
b. Targeting
(sasaran konsumen yang dituju dari pemilihan konsumen di segmentasi) :
Dewasa,
Remaja.
c. Positioning
(produk yang dihasilkan memiliki keunggulan sebagai yang pertama atau miliki
perbedaan dengan produk yang telah ada)
:
Keistimawaan
ide bisnis kami adalah produk yang kami ciptakan lebih sederhana tetapi
berkualitas dengan harga terjangkau.
3. Lokasi
a. Lokasi
penjualan :
Rumah
kami.
b. Alasan
pemilihan lokasi penjualan :
Karena
kami belum mampu membeli atau menyewa tempat yang strategis.
4. Modal
a. Total
kebutuhan modal : Rp 27.000
b. Sumber
modal : Dari iuran anggota kelompok
5. Peralatan
dan perlengkapan yang dibutuhkan
a. Nama
peralatan beserta jumlahnya (barang yang digunakan cenderung tahan lama)
NAMA
BARANG
|
JUMLAH
|
Kunci Kombinasi
|
1 Set
|
Kunci L
|
1 Set
|
Obeng + -
|
2 Buah
|
Tang Kabel
|
1 Buah
|
b. Nama
perlengkapan dan
jumlahnya (barang yang digunakan lebih cepat habis):
NAMA
BARANG
|
JUMLAH
|
Kabel
|
3 Meter
|
Isolasi
|
1 Buah
|
6. Ketrampilan
yang harus dimiliki oleh karyawan terkait dengan bisnis yang dijalankan:
Karyawan minimal
mengetahui system dasar kelistrikan pada sepeda motor, bekerja sesuai dengan
SOP( Standart Oprasional Prosedur), dan displin.
7. Strategi
promosi
a. Strategi
promosi yang digunakan:
Strategi
promosinya yaitu melaui dunia maya (social media, iklan web)
b. Alasan
pemilihan strategi promosi:
Karena
lebih mudah, cepat merespon, dan biaya murah.
c. Perkiraan
biaya promosi yang dibutuhkan:
Internet
(Rp 50.000 per bulan)
8. Target
penjualan produk tiap bulan:
-+
13 Motor
0 komentar:
Posting Komentar