Pages

Kamis, 20 Februari 2014

PROPOSAL ALARM SEPEDA MOTOR



I.            LATAR BELAKANG
Semakin kerasnya kehidupan menyebabkan banyak orang menjadi gelap mata. Mereka menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka demi mempertahankan kelangsungan hidupnya, seperti: merampok, korupsi, mencuri, dan tindakan-tindakan criminal lainya. Salah satu tindakan criminal yang baru maraknya di era sekarang adalah tindakan criminal pencurian sepeda motor. Tidak hanya di malam hari dan di tempat sepi saja, di siang hari dan di keramaian pun para pencuri dapat melakukan aksi dengan mudahnya. Maka dibutuhkan kewaspadaan yang ekstra untuk menjaga sepeda motor kita.
Dengan meningkatnya tindakan kriminalitas, khususnya pencurian kendaraan bermotor roda dua sekarang ini, bukanlah hal yang mengherankan apabila semakin hari manusia menginginkan suatu system keamanan sepeda motor yang modern. Solusi yang biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor hanya dengan memakai kunci (gembok). Apalagi pencurian kendaraan bermotor dapat membuat kunci-kunci duplikat sehingga pencuri kendaraan bermotor bisa dengan santai melakukan aksinya dengan tidak mengundang kecurigaan. Maka dari itu kami membuat alarm sederhana untuk pengaman kendaraan agar tidak terjadi pencurian atau pengamanan ke dua selain kunci stir (lock
stang)

II.            TUJUAN
Tujuan pembuatan proyek alarm ini antara lain:
·         Siswa dapat mempraktekkan bidang keahlian yang dimiliki sehingga mempunyai nilai guna
·         Siswa dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai guna
·         Siswa dapat merencanakan bentuk promosi yang tepat untuk produk yang dihasilkan
·         Siswa dapat mempresentasikan bisnis plan yang dibuat sesuai dengan produk yang dihasilkan
·         Siswa memiliki pengalaman dan keterampilan dalam menghasilkan karya dan membuat laporan secara lengkap dan sistematis
·         Siswa dengan melaksanakan ujian praktek Kewirausahaan diharapkan dapat membuat bisnis sederhana atau membuka usaha sendiri.

III.            VISI DAN MISI
1.      Visi    : 
·         Memberikan kepuasan untuk pelanggan yang memakai alarm
·         Memberikan pelayanan prima untuk pelanggan
2.      Misi    :
·         Menjual produk yang lebih berkualitas dengan harga terjangkau
·         Memproduksi produk yang memenuhi kebutuhan konsumen

IV.            BIAYA PRODUK
No.
Keterangan
Harga
1.
Saklar
Rp.   5.000,00
2.
Kabel 3 meter
Rp.   5.000,00
3.
Relay
Rp. 15.000,00
4.
Isolasi kabel
Rp.   2.000,00
5.
Jasa pemasangan
Rp. 10.000,00
Total
Rp. 37.000,00

V.               FORM BISNIS PLAN SEDERHANA
1.      Ide Bisnis
a.       Nama ide bisnis :
Alarm Sederhana
b.      Alasan pemilihan ide bisnis :
c.       Keistimewaan ide bisnis dibandingkan dengan bisnis sejenis yang sudah ada dipasaran :
Keistimawaan ide bisnis kami adalah produk yang kami ciptakan lebih sederhana tetapi berkualitas dengan harga terjangkau.

2.      Analisa STP
a.       Segmentasi (sasaran konsumen secara global) :
Untuk semua kalangan yang membutuhkan produk kami.
b.      Targeting (sasaran konsumen yang dituju dari pemilihan konsumen di segmentasi) :
Dewasa, Remaja.
c.       Positioning (produk yang dihasilkan memiliki keunggulan sebagai yang pertama atau miliki perbedaan dengan produk yang telah ada) :
Keistimawaan ide bisnis kami adalah produk yang kami ciptakan lebih sederhana tetapi berkualitas dengan harga terjangkau.




3.      Lokasi
a.       Lokasi penjualan :
Rumah kami.
b.      Alasan pemilihan lokasi penjualan :
Karena kami belum mampu membeli atau menyewa tempat yang strategis.
4.      Modal
a.       Total kebutuhan modal : Rp 27.000
b.      Sumber modal : Dari iuran anggota kelompok
5.      Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan
a.       Nama peralatan beserta jumlahnya (barang yang digunakan cenderung tahan lama)
NAMA BARANG
JUMLAH
Kunci Kombinasi
1 Set
Kunci L
1 Set
Obeng + -
2 Buah
Tang Kabel
1 Buah

b.      Nama perlengkapan dan jumlahnya (barang yang digunakan lebih cepat habis):
NAMA BARANG
JUMLAH
Kabel
3 Meter
Isolasi
1 Buah

6.      Ketrampilan yang harus dimiliki oleh karyawan terkait dengan bisnis yang dijalankan:
Karyawan minimal mengetahui system dasar kelistrikan pada sepeda motor, bekerja sesuai dengan SOP( Standart Oprasional Prosedur), dan displin.
7.      Strategi promosi
a.       Strategi promosi yang digunakan:
Strategi promosinya yaitu melaui dunia maya (social media, iklan web)
b.      Alasan pemilihan strategi promosi:
Karena lebih mudah, cepat merespon, dan biaya murah.
c.       Perkiraan biaya promosi yang dibutuhkan:
Internet (Rp 50.000 per bulan)
8.      Target penjualan produk tiap bulan:
-+ 13 Motor

0 komentar:

Posting Komentar